Selamat Ulang Tahun Kardinal Julius Darmaatmadja SJ. Ulang Tahun yang Keberapa Sekarang?

Selamat Ulang Tahun Kardinal Julius Darmaatmadja SJ. Ulang Tahun yang Keberapa Sekarang? Amorpost.com – Uskup Emeritus Keuskupan Agung Jakarta, Kardinal Julius Darmaatmadja SJ merayakan ulang tahun hari ini.

Kardinal Julius lahir di Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, pada 20 Desember 1934. Hari ini, Kardinal Julius merayakan ulang tahunnya yang ke-84. 

Kita semua patut bersyukur dan memanjatkan doa untuk Kardinal Julius yang masih diberi umur panjang. 

Saat ini, Kardinal Julius menjalani masa tuanya di rumah purna bakti Serikat Yesus (SJ) di Wisma Emaus Girisonta, Semarang, Jawa Tengah.

Tugas akhir yang diemban Kardinal Julius sebelum memasuki masa pensiun adalah sebagai Uskup Keuskupan Agung Jakarta. Ia rehat dari tugasnya tersebut pada 28 Juni 2010.

Terhitung, Kardinal Julius menggembalakan Keuskupan Agung Jakarta selama 14 tahun, sejak ditunjuk menjadi Uskup Agung Jakarta pada 11 Januari 1996.

Ketika itu, Kardinal Julius adalah “Uskup pindahan” dari Keuskupan Agung Semarang. Ia resmi menjadi Uskup Agung Jakarta hanya dua tahun setelah ia terpilih menjadi Kardinal, pada 26 November 1994.

Ia ditunjuk menjadi Uskup Keuskupan Agung Semarang pada 19 Februari 1983 dan ditahbiskan menjadi Uskup pada 29 Juni 1983. 

Itu artinya, Kardinal Julius sudah menjadi uskup selama kurang lebih 13 tahun sebelum pindah ke Keuskupan Agung Jakarta.

Jika ditotal, maka masa pelayanan Kardinal Julius di dua keuskupan yakni Keuskupan Agung Semarang dan Keuskupan Agung Jakarta lebih dari seperempat abad, yakni 27 tahun.

Tentunya ini masa pelayanan yang panjang dan membutuhkan tenaga ekstra. Namun ia tidak pernah merasa lelah dengan tugas dan panggilan tersebut.

Hal itu terbaca dari pernyataannya dalam buku “Terlahir untuk Mengabdi” (Murbandono dan Surianto, 2015:377):

“Saya tahu yang ‘mempunyai pekerjaan itu’ adalah Tuhan Yesus dan Roh Kudus, sedangkan saya dipakainya sebagai alat di tangan-Nya. Bukan alat negara, tetapi alat dari yang memiliki segalanya.”