Bahan Pertemuan APP Tahun 2024

“Mengembangkan Ekonomi Ekologis”

Tema Aksi Puasa Pembangunan Nasional (APPN 2024) adalah “Mengembangkan Ekonomi Ekologis”, yang visi dasarnya berasal dari dokumen-dokumen Paus Fransiskus sendiri. Paus Fransiskus, dalam ensiklik-ensikliknya, menyam- paikan gagasan dasar ekonomi ekologis yang berorientasi pada tujuan-tujuan kemanusiaan. Dokumen tersebut adalah: ensiklik Laudato Si’ (2015), ensiklik Fratelli Tutti (2020), Sambutan Paus tentang Ekonomi Fransiskus (2020), Seruan Apostolik Laudate Deum (2023). Sebelumnya ada Seruan Apostolik Gaudium Avangelii (2013).

Melalui dokumen-dokumen tersebut Paus Fransiskus menyinggung banyak hal tentang krisis ekologis yang sedang dihadapi saat ini merupakan krisis kemanusiaan. Krisis ini mengancam kehidupan manusia dan lingkungan, sehingga perlu diatasi secara serius. Paus Fransiskus menekankan bahwa ekonomi tidak boleh hanya mengejar pertumbuhan ekonomi semata, tetapi juga harus memperhatikan dampak ekonomi terhadap manusia dan lingkungan.

Atas keprihatinan dan gagasan-gagasan tersebut, selama masa prapaskah 2024 kita diajak untuk mendalami gagasan Ekonomi Ekologi Fransiskus. Bahan pendalaman telah disusun untuk merefleksikan lima sub-tema yang akan digunakan dalam lima kali pertemuan. Harapannya, melalui pendalaman bahan APP 2024 kita dapat memahami dan mengimplementasikan ekonomi ekologis dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan menerapkan ekonomi ekologis dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menciptakan kesejahteraan bagi semua orang.

Paus Fransiskus mengingatkan bahwa keprihatinan dunia yang perlu segera diatasi adalah krisis ekologi yang sangat berdampak bagi kelangsungan hidup manusia. Mengatasi keprihatinan tersebut Paus Fransiskus menekankan pentingnya ekonomi ekologis sebagai solusi ekonomi masa depan yang bermartabat, mensejahterakan setiap dan semua, dan berkelanjutan. Ekonomi ekologis harus didasarkan pada prinsip-prinsip keadilan, keseimbangan, dan keberlanjutan.

Selama masa Prapaskah 2024 kita diajak untuk merefleksikan kembali panggilan kita untuk bekerja tanpa lelah mewartakan kabar baik kepada dunia, dan panggilan kita untuk merawat serta menghormati bumi sebagai rumah bersama yang diberikan oleh Allah. Dengan mendalami tema APP 2024 ini harapannya kita dapat memberikan kontribusi yang cukup berarti bagi perbaikan kerusakan bumi dan bagi saudara kita yang miskin dan rentan lainnya. Selamat memasuki masa Prapaskah 2024.


Poster dan Leaflet APP 2024: Poster dan Leaflet APP 2024

Bahan APP 2024: Bahan APP