Pendidikan Politik bagi Pemula

Komisi Kerawam Keuskupan Bandung mulai bulan Juli 2023 ini mengadakan rangkaian kegiatan Pendidikan Politik - Pemilih Muda. Rangkaian dibuka dengan hadir di Sekolah SMA Trinitas Bandung (Selasa, 18/7/ 2023). Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 170 siswa/siswi Kelas XII SMA Trinitas Bandung. Kehadiran Tim Kerawam bersama dengan Pemuda Katolik di SMA Trinitas mendapatkan sambutan hangat dari civitas akademika SMA Trinitas.

Dinyatakan dalam sambutan pembuka Kepala Sekolah SMA Trinitas, Bapak Suro menyebutkan baik kehadiran Tim Kerawam untuk menjadi jembatan bagi pemilih muda. Agar anak-anak muda semakin peka terhadap keadaan sekitar termasuk juga terhadap kondisi sosial politik. Mereka juga diarahkan untuk berperan dalam menentukan pilihannya.

Pada acara ini terdapat 3 materi yang dibawakan oleh Tim Kerawam Keuskupan Bandung, materi Pertama terkait dengan Ajaran Sosial Gereja yang dibawakan oleh R.D. Aloysius Wahyu, dilanjutkan dengan Materi Kepemudaan yang dibawakan oleh Alexander Ricky, dan Materi Pemilu yang dibawakan oleh Bobby Suryo.

Kemudian di tempat yang lain, di SMA St. Angela Tim Kerawam juga mengadakan sosialisasi dan pendidikan politik tersebut. Kurang lebih 200 siswa, calon pemilih pemula, hadir dalam kegiatan pendidikan politik ini. Selain pembahasan tentang dunia politik dan proses pemilihan umum bagi para pemilih pemula ini, Tim Kerawam juga memberikan sharing penjelasan tentang kosep korupsi. Sehingga siswa-siswi yang menghadiri acara ini berpendapat bahwa korupsi sangat merugikan rakyat karena dapat membuat fasilitas umum menjadi kurang memadai untuk digunakan. Dari sosialisasi dan pendidikan politik singkat ini para siawa menjadi terbuka dan tertarik untuk terjun ke dalam dunia politik di masa mendatang.***

Tim Kerawam