Mewartakan Dengan Penuh Sukacita

“Apa yang kita lihat dan kita dengar itulah yang kita tuliskan” demikian ungkapan bapak F. Hasiholan Siagian (wakil pemimpin redaksi majalah hidup), dalam Workshop Jurnalistik yang diselenggarakan oleh Komisi Komsos dan Bidang Pewartaan Paroki St. Teodorus Sukawarna pada sabtu, 27/05/2023. Kegiatan ini dilangsungkan di Aula gedung pastoral Paroki Sukawarna, Jl. Unpar II no. 10 Bandung.

Dalam sambutannya, RP. Clemens Tribawa Saksana, OSC., menyampaikan bahwa tujuan diadakan workshop ini adalah untuk mengasah kemampuan kita dalam menuliskan sesuatu, agar apa yang dituliskan itu bisa dipahami oleh para pembaca. Sehingga pada akhirnya, ia melanjutkan kita mampu mewartakan (sabda Allah) dengan baik dan benar.

Hal senada ditegaskan oleh F. Hasiholan Siagian, selaku narasumber dalam acara ini. Sihol, demikian sapaan akrabnya menyampaikan “Wartakanlah injil ke seluruh dunia, artinya kita mewartakan kabar sukacita injil bukan hanya dalam dunia nyata tetapi juga dalam dunia maya”. Oleh karena itu, dirinya melanjutkan pilihan kata (diksi) dan bahasa dalam mewartakan berita harus sesuai dengan identitas kita sebagai orang katolik.

Peserta yang hadir dalam acara ini 31 orang. Mereka ini datang dari berbagai macam latar belakang, yakni beberapa seminaris perwakilan Seminari Menengah Cadas Hikmat, frater Ordo Salib Suci, frater projo Bandung, Ibu-ibu WKRI dan komisi Komsos Paroki St. Theodorus Sukawarna.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan kesan menarik dari beberapa peserta yang hadir. Salah satunya datang dari Fajar (seorang seminaris yang sedang menjalani masa formasi di Seminari Menengah Cadas Hikmat). Dirinya merasa senang bisa mengikuti acara ini, karena bisa mendapatkan pelajaran baru. Harapannya dengan mengikuti acara ini saya bisa menuliskan sesuatu dengan tata bahasa yang terstruktur.***

Fr. Adrian Purnama, OSC