Menciptakan Damai untuk Diri Sendiri

Komisi Keluarga (Komkel) Keuskupan Bandung merayakan Hari Kakek Nenek dan Lansia III 2023 di ruang Ignatius dan aula Yohanes Paulus II, Bumi Silih Asih Keuskupan Bandung (22-23/7). Para peserta yang hadir sebanyak 80 orang mewakili paroki masing-masing. Selain kegiatan di tingkat Keuskupan, dirayakan pula kegiatan serupa di tingkat paroki.

RP Petrus Alexander Didi Tarmedi, OSC didaulat menyampaikan materi katekese: “Rahmat-Nya Turun Temurun (Luk 1:50)” pada sesi pertama. Setelah jeda makan malam, Lidwina Widayati menyampaikan materi kedua bertajuk “Siap Menjadi Tua.” Sesi ini dikemas dengan beberapa dinamika kelompok. Pada hari kedua, para peserta mendapatkan pembekalan dalam dua sesi yaitu: Spiritualitas Pastoral Keluarga Senior dan Pendamping Keluarga oleh Tim KomKel Keuskupan Bandung. RP Yohanes Sumardi OSC (Ketua KomKel) memberikan peneguhan kepada para peserta. Salah satu catatan penting yang ia sampaikan adalah program Komkel ke depan akan dilaksanakan per dekenat.

Kegiatan ditutup dengan Ekaristi yang dipimpin RD Yustinus Hilman Pujiatmoko (Vikaris Jenderal Keuskupan Bandung) didampingi RP Yohanes Sumardi, OSC. Dalam homilinya, Pastor Hilman, menyampaikan agar para umat lansia yang hadir dapat menciptakan damai untuk dirinya sendiri. ***


Edy Suryatno