Memberikan Waktu, Tenaga, dan Pikiran untuk Kerajaan Allah

Prior Provinsial Ordo Salib Suci Provinsi Sang Kristus Indonesia, RP. Agustinus Agung Rianto, OSC menerimakan busana Ordo kepada lima orang novis di kapel St. Helena, Priorat Pratista pada Minggu sore, 27/08/2023. Lima orang novis tersebut Fr. Ignasius Hega Hendrik Julung, Fr. Philipus Napoleon Nggai, Fr. Stanislaus Patrik Orlando, Fr. Dimas Satrio Wibowo, dan Fr. Andre Antonio Rizky Nanggus. Selain memberikan busana Ordo, Provinsial memberikan buku Regula Santo Agustinus dan Konstitusi Ordo Salib Suci kepada mereka. Pada kesempatan yang sama Provinsial juga menerima pengikraran kaul pembaharuan dari 16 frater.

Ibadat penjubahan (inkleding) kali ini bertajuk “Aku akan mengikuti Engkau kemanapun Engkau pergi”. Sejalan dengan tema tersebut RP. Yustinus Nana Sujana, OSC (Magister Novisiat) dalam renungannya menyampaikan pesan agar para novis siap menerima semua konsekuensi dengan sikap teguh dan tidak goyah dengan pilihannya untuk mengikuti Yesus meskipun kenyataannya kadang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Para novis harus berani memberikan waktu, tenaga, dan pikiran untuk mewartakan kerajaan Allah. Pastor Nana juga menegaskan bahwa “Penjubahan adalah masa inisiasi dan inkorporasi. Masa dimana para novis dimasukan ke dalam tubuh ordo dan melebur dalam Ordo”.

Seusai ibadat penjubahan dilanjutkan dengan acara malam keluarga di aula Pondok Mitra. Acara ini sebagai sarana untuk mempererat tali persaudaraan antara para orang tua frater dan semua anggota dalam Ordo Salib Suci baik para frater maupun para pastor.

Acara ini diisi dengan beberapa pertunjukan dari para novis dan para frater yang akan mengikrarkan kaul perdana dan kaul kekal dan puncaknya dalam ibadat penutup dilakukan simbolisasi dimana para frater yang akan mengikrarkan kaul kekal dan kaul perdana memohon restu kepada orang tuanya dengan cara mencuci kaki orang tua.

Pada senin, 28/08/2023, bertepatan dengan pesta St. Agustinus, Ordo Salib Suci Provinsi Sang Kristus merayakan ekaristi pengikraran kaul. Ekaristi dipimpin oleh RP. Agustinus Agung Rianto, OSC (Prior Provinsial) dan didampingi oleh RP. Postinus Gulö, OSC (Magister Skolastikat OSC) dan Thomas Maman Suharman, OSC (Perwakilan para Yubilaris). Adapun frater yang mengikrarkan kaul kekal adalah Fr. Josua Harianto Siahaan, OSC dan 11 Frater lainnya mengikrarkan kaul perdana. Pada kesempatan ini juga para saudara salib suci bersukacita bersama beberapa para yubilaris yang merayakan 25 tahun profesi, RP. Stephanus Suwarno, OSC, RP. Yustinus Nana Sujana, OSC, dan RP. Petrus Suparman, OSC. Pesta 40 tahun Imamat RP. Aloysius Setitit, OSC dan RP. Thomas Maman Suharman, OSC. Pesta 25 tahun imamat RP. Cornelius Balok Priyanto Basuki, OSC.***

Fr. Adrian Purnama