Inspirasi dalam Karya Pastoral Keluarga

Komisi Keluarga Keuskupan Bandung menyelenggarakan pembekalan spiritualitas reksa Pastoral Keluarga Keuskupan Bandung di aula Santo Yohanes Paulus II, Bumi Silih Asih, Bandung (17-18/6). Sebanyak 200 orang perwakilan seksi keluarga dari 30 paroki Keuskupan Bandung hadir dalam kegiatan ini. RP Yohanes Aristanto Hari Setiawan, MSF (Sekretaris Eksekutif Komisi Keluarga Konferensi Waligereja Indonesia) dihadirkan sebagai narasumber tunggal.

Pastor Aris, demikian sapaannya, menyampaikan materi semangat panggilan pelayanan-spiritualitas Emaus yang dilanjutkan dengan Perjalanan Persiapan Perkawinan pada hari pertama (17/6). Salah satu materi penting yang disampaikan adalah lima pilar pastoral keluarga : Pastoral Perjumpaan : Menjadi Sahabat Keluarga, Pastoral Rutin dan Eventual, Pastoral Pendampingan: Pra Perkawinan, Perkawinan dan Pasca Perkawinan, Pastoral Advokasi: Situasi khusus, serta Kerjasama dengan Komunitas dan Asosiasi Keluarga.

Sedangkan di hari kedua, para peserta mendalami 12 tema katekese keluarga dalam dua sesi. Dalam peneguhannya, RP Yohanes Sumardi, OSC (Ketua Komisi Keluarga Keuskupan Bandung) menyampaikan bahwa materi yang disampaikan Pastor Aristanto memberikan banyak inspirasi dalam melaksanakan karya pastoral keluarga berikutnya. Semoga semua terpanggil untuk melaksanakan karya pastoral keluarga dengan penuh sukacita.

Kegiatan ditutup dengan ekaristi yang dipersembahkan Pastor Sumardi, OSC didampingi Pastor Aristanto, MSF. Dalam homilinya, Pastor Sumardi mengingatkan kembali pentingnya perjalanan Gereja yang dibentuk oleh Yesus dengan mengandalkan komunitas. Ecclessia domestica sebagai komunitas kecil Gereja merupakan tempat merawat perkembangan iman. Kita kurang sabar ingin segera menyelesaikan banyak masalah secara instan. Kita disadarkan kembali untuk memulai dari hal kecil, jangan terlalu cepat melihat hasilnya, melainkan perlu melihat proses dan sertakanlah Roh Kudus dalam menyelesaikannya. ***


Edy Suryatno