Hidup Spiritual yang Berbobot

Dua orang diakon dari Kongregasi Hati Kudus Yesus dan Maria (SS.CC) menerima tahbisan presbiterat dari Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC. Mereka adalah Diakon Wulfstan Harris Soerianto, SS.CC dan Diakon Adrianus David Nautani, SS.CC. Perayaan tahbisan bertempat di gereja Santo Gabriel, Sumber Sari, Bandung, bertepatan dengan Hari Raya Hati Kudus Yesus yang Mahakudus dan mengusung tema : “All to God, All for God.” (16/6)

Konselebran ekaristi tahbisan presbiterat ini adalah RP Pankrasius Olak Kraeng, SS.CC (Provinsial Provinsi Indonesia), RP Lambertus Enga Hurint, SS.CC dan RP Teleforus Nugroho Krisusanto, SS.CC. Dalam kata pengantar, Pastor Pankrasius menyampaikan bahwa kedua diakon yang akan ditahbiskan ingin memberikan seluruh hidup mereka secara total melayani Gereja melalui kongregasi Hati Kudus Yesus dan Maria (SS.CC).

Dalam homilinya, Mgr. Antonius menyampaikan bahwa ada orang yang bekerja secara spiritual untuk kemuliaan Tuhan yang diwujudkan dengan pelayanan kasih. Pelayanan itu diwujudkan dengan sehati sepikir dengan Allah, dirinya dipakai untuk kepentingan Allah. Saat dirinya menerima kuk, bebannya akan menjadi ringan karena mengandalkan Yesus. Satu kuk diterimanya, sedangkan yang lain diterima oleh Yesus. Sementara di bagiab akhir homili Bapa Uskup menegaskan “Menjadi seorang imam bolehlah berbadan kecil, tetapi hidup spiritualnya berbobot. Para imam tertahbis ini, hendaknya menghadirkan Hati Kudus Yesus di mana pun. Hidup mereka selalu dekat dengan Tuhan dalam situasi apapun agar segala sesuatunya menjadi mudah dan penuh sukacita. Semoga mereka tidak mencari kesenangan sendiri, tetapi mengikuti komando dari partner hidupnya, Yesus. Semoga para imam tertahbis tetap menghidupi Hati Kudus Yesus dan Maria, sesuai kharisma kongregasi.”

Penugasan para pastor yang baru ditahbiskan, adalah RP Adrianus David Nautani, SS.CC bertugas di Paroki Santo Yoseph Lawe Desky Keuskupan Agung Medan, sedangkan RP Wulfstan Harris Soerianto, SS.CC diutus menjadi seorang misionaris untuk mendukung komunitas internasional di Berlin, Jerman. Para pastor tertahbis, memberikan berkat pertamanya kepada umat sebelum berkat meriah dari Bapak Uskup. ***


Edy Suryatno