Forespas MKRJ ke-7: “Yang Muda, Yang Katolik, Yang Indonesia”

Setelah sempat bertemu melalui dunia maya selama dua tahun, akhirnya pada tanggal 30 Juni–2 Juli 2023 lalu, Forespas MKRJ atau Forum Moderatores Pastoral Mahasiswa Keuskupan Regio Jawa diselenggarakan secara tatap muka kembali. Kali ini yang menjadi tuan rumah adalah Pastoral Mahasiswa Keuskupan Agung Semarang. Bertempat di Rumah Revolusi Mental WCS, Dusun Sumber Bulu, Desa Pendem, Kec. Mojogedang, Karanganyar, Jawa Tengah, pertemuan tersebut diikuti oleh sekitar 70 orang perwakilan Pastoral Mahasiswa dari tujuh Keuskupan di Pulau Jawa, terdiri dari Pastor Mahasiswa, pendamping dan beberapa mahasiswa. Dari Keuskupan Bandung sendiri mengirimkan lima mahasiswa dari beberapa kampus, satu pendamping dan satu Frater Mahasiswa.

Tema yang diambil dalam Forespas MKRJ ke-6 ini adalah “Yang Muda, Yang Katolik, Yang Indonesia”. Isi kegiatannya sendiri selain sharing dan diskusi tentang kondisi masing-masing pastoral mahasiswa, keakraban juga mendengarkan seminar kecil yang diadakan sesuai tema. Ada tiga pembicara yang diundang untuk membagikan ilmunya. Mereka adalah Bapak Tri Nugroho (dosen) yang berbagi tentang “Etika Politik”, Ibu Maya Esti (Anggota DPR RI) yang berbagi tentang “Situasi menjelang PILPRES 2024” serta Vikjen KAS Rm. YR. Edy Purwnto tentang “Gereja Menyikapi Tahun Politik”.

Secara kusus, para pastor mahasiswa dan pendamping yang turut serta juga menyempatkan diri untuk saling bersinergi di sela kegiatan. Selain membicarakan bagaimana situasi masing-masing pastoral mahasiswanya serta kelanjutan forum ini, juga memilih koordinator baru para Pastor Mahasiswa Regio Jawa untuk tiga tahun ke depan, yaitu Pst. F. X. Gunawan, Pastor Mahasiswa dari Keuskupan Surabaya. Disepakati juga Forespas MKRJ ke-7 akan diselenggarakan di Keuskupan Agung Jakarta. ***

Anjar Anastasia