Bukan Konflik Agama

Vox Point Indonesia DPW Kota Bandung bersama Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan mengadakan seminar bertajuk “Israel – Palestina, The Never Ending Story” (Sabtu, 13/5/2023). Acara digelar di Lecture Theater Gedung PPAG UNPAR dengan menghadirkan para narasumber : Dr. iur Liona Nanang, SH.,M.Hum (Dekan Fakultas Hukum UNPAR bersama Dina Y. Sulaeman (Dosen Hubungan Internasional UNPAD), Guntur Romli (aktivis, penulis dan politisi) dan Felix Irianto (Pemerhati Timur Tengah).

Ketua Vox Point Indonesia DPW Bandung, Andra Wahyu Hartawanti mengatakan dalam sambutannya, bahwa diskusi mengenai perselisihan antara dua negara ini dirasa penting untuk memberi wawasan dan mengedukasi masyarakat untuk menyikapi isu konflik Israel – Palestina yang berkembang saat ini dengan lebih bijak.

Diskusi dimulai dengan pemaparan latar belakang situasi dan sejarah pembagian wilayah di Palestina antara Israel dan Palestina oleh PBB yang tecatat dalam Hukum International yang dipaparkan secara mendetil oleh Dina Sulaeman Dosen Hubungan Internasional. Kemudian pelanggaran-pelanggaran yang terjadi baik pelanggaran hak kekuasaan tanah dan hak asasi manusia dijelaskan pula dalam kaitannya dengan hukum internasional dan politik internasional. Pro kontra dari dampak konflik 2 Negara ini yang terjadi di Indonesia mengerucut menjadi satu pemahaman bahwa konflik Israel -Palestina ini bukanlah konflik mengenai agama, melainkan soal kedaulatan negara, politik, kemanusiaan dan kemerdekaan.

Pst. Aloysius Wahyu Endro Suseno mewakili Komisi Kerawam Keuskupan Bandung juga menjelaskan di akhir diskusi, melalui Sri Paus, Gereja Katolik menyatakan dukungannya terhadap Palestina untuk mendapatkan kemerdekaannya. Dan berharap agar dengan adanya diskusi seperti ini, isu konflik agama yang menimbulkan sentiment beragama dalam masyarakat Indonesia dapat dipahami dan disikapi dengan lebih bijaksana dan baik untuk keharmonisan umat dalam tatanan masyarakat kita. *** (Veronika)