Berjumpa, Bersukacita dan Berbagi

Kegiatan Rencontre merupakan kegiatan rutin tahunan yang di selenggarakan oleh komunitas frater Ordo Salib Suci. Rencontre ini dirintis pertama kali oleh Pastor Yan Sunyata OSC (Alm.), yang mengadakan perjumpaan antar siswa/i dari berbagai SMA Katolik di Bandung pada tahun 1980-an. Rencontre (bahasa Perancis : perjumpaan) merupakan wadah perjumpaan bagi kaum muda Katolik, siswa/i dari berbagai SMA katolik di Bandung dan sekitarnya. Di dalamnya para peserta diajak untuk menebar canda, tawa, berbagi rasa, dan membangun persahabatan satu sama lain. Peserta pun diajak untuk mengolah cipta, rasa, karsa, iman dan cinta. Rencontre merupakan suatu bentuk peran serta Ordo Salib Suci (OSC) di Indonesia bagi pembinaan mental, spiritual, intelektual, dan moral pesertanya.

Rencontre mengambil tema We are Multicultural Nowadayssuatu tema yang latarbelakangi bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat beragam, sehingga di tengah keberagaman ini Ordo Salib Suci mengajak para siswa-siswi untuk merasakan, mengalami, dan menghidupi spiritualitas sebagai generasi muda penerus Gereja, bangsa, dan dunia.

Kegiatan dihadiri oleh 155 siswa-siswi, diselenggarakan di Pratista, Cisarua, Cimahi (18-20/06/2023). terasa sangat semarak, acara diwarnai dengan berbagai macam kegiatan, di antaranya ibadat, misa, live musik, talk show, kafe du rencontre, candle light dinner, outbond, fashion show, pemilihan King and queen. Hadir dalam acara ini beberapa narasumber, yakni, RP. R.P Paulus Juju Junaedi, OSC, RD. Yosep Kristinus Guntur Beoang, Jessy Silana Wong (Miss Tourism International tahun 2021) dan beberapa Alumni RC.

Diwarnai berbagai macam kegiatan menarik, acara ini mendapat apresiasi dari peserta. Agatha Chiquita Lorraine (SMA Talenta) mengaku terkesan dan melalui acara ini ia dapat bertemu banyak teman dan pengalaman baru. “Saya harap penyelenggaraan Rencontre tahun selanjutnya semakin banyak diikuti siswa/siswi, karena pengalaman ini cuma bisa dirasain di kelas 11 saja dan bakal jadi pengalaman sekali seumur hidup. Terima kasih kepada Frater, Romo, dan panitia-panitia yang sudah menyusun semua rangkaian acara RC ’23 ini dengan baik.” ungkap Agatha. ***


Adrianus Darmawan Purnama

(Mahasiswa Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Parahyangan)