PELATIHAN MENGELOLA KREDIT DALAM CREDIT UNION BERDASARKAN CULOCC

PELATIHAN MENGELOLA KREDIT DALAM CREDIT UNION
BERDASARKAN CULOCC (Credit Union Loans Officer Competency Course)

Pinjam meminjam merupakan kegiatan usaha yang sangat penting dalam Credit Union tetapi juga rentan terhadap kerugian karena penurunan tingkat ekonomi, salah pengelolaan portofolio, salah penilaian dari panitia kredit ataupun staf kredit, serta kelemahan dalam aturan pinjam meminjam itu sendiri.

ACCU (Association of Asian Confederation of Credit Unions) menekankan bahwa Staf kredit mempunyai peranan penting untuk memastikan agar pinjaman diatur dan didokumentasikan dengan baik. Hal ini bukan hanya untuk kepentingan penagihan dan pengumpulan angsuran, tetapi yang paling penting adalah tercapainya tujuan, yaitu meningkatkan kesejahteraan anggotanya, bukan malah menciptakan beban keuangan yang baru.

Praktek umum di banyak CU selama ini adalah para anggota menerima pinjaman atas dasar peningkatan atau jumlah saham dan tabungan, bukan berdasarkan kemampuan membayar (kapasitas). Praktek inilah yang menyebabkan banyak CU mengalami penyalahgunaan pinjaman dan kemacetan, yang akhirnya mempengaruhi kesehatan dan keberlanjutannya dalam jangka panjang.

ACCU mengembangkan sebuah Solusi Bisnis (Business Solution) CU Nomor 17, yakni Kursus Kompetensi bagi Para Staf Kredit/ Petugas Kredit CU. Kursus ini membahas semua hal yang terkait dengan pinjam meminjam. Solusi bisnis ini menyediakan alat praktis bagi para Staf kredit untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka sesuai dengan misi sejati atau tujuan awal dari CU.

Sejalan dengan harapan yang ada, dimana ini juga merupakan tugas dan tanggungjawab yang di emban oleh Komisi PSE khususnya oleh Unit LKM, maka diadakan pelatihan yang diselengaran selama 5 kali pertemuan yang dimulai dari tanggal 10 Oktober serta berahkir pada 14 November 2021 dengan mengambil tempat di gedung Bumi Silih Asih (BSA) Keuskupan Bandung.

Pelatihan yang diikuti oleh beberapa pengurus CU serta aktivis/penggerak CU bertujuan agar dapat menjadi jawaban atas isu-isu pengelolaan pinjaman yang dihadapi oleh banyak CU yang berada di wilayah Keuskupan Bandung terutama bagi CU yang baru berkembang. Dan tentunya pelatihan ini akan sangat membantu bagi para petugas garda depan atau staf yang bertugas memberikan konseling keuangan dan pelayanan kredit kepada para anggota.

Harapan setelah mengikuti pelatihan ini para peserta mampu mendefinisikan tugas dan tanggung jawab dari Staf kredit dan Komite Kredit, mendesain tujuan pinjaman yang tepat dan bertanggungjawab, mengembangkan kebijakan pinjaman, mendesain proses dan dokumentasi, mengevaluasi resiko atas sistem manajemen pinjaman, merekomendasikan perubahan-perubahan yang dibutuhkan untuk mengurangi resiko, sampai pada ahkirnya mampu membuat rencana aksi bagi proses pinjam meminjam didalam CU masing-masing peserta.

Pelatihan Mengelola Kredit Dalam Credit Union ini difasilitasi oleh Hermanus E.R., seorang praktisi CU yang memiliki sertifikat TOT CULOCC dari Komisi PSE Regio Jawa yang difasilitasi oleh Rm. Fredy Rante Taruk, Pr, relawan yang merupakan aktivis yang tergabung dalam unit LKM Komisi PSE Keuskupan Bandung, tetapi juga sekaligus sebagai aktivis pemberdayaan koperasi dan UMKM dari komunitas Sang Sahabat.

Materi modul pembelajaran dalam pelatihan ini berdasarkan pada CULOCC dari ACCU. Materi yang diberikan dibagi dalam beberapa sesi, sementara proses pembelajaran bagi para peserta dibuat dalam bentuk diskusi kelompok dimana dalam pelaksanaannya masing-masing sesi berlangsung sekitar 2,5 - 3,0 jam. Pelatihan ini mengadopsi pendekatan pembelajaran melalui penggunaan metode pembelajaran partisipatif. Para peserta bekerja dalam kelompok dan mengalami proses pembelajaran secara pribadi, sementara pelatih bertindak sebagai fasilitator pembelajaran.

Penulis: Andreas Haryadi