Bersama Menyongsong Sukacita Ekonomi Kreatif

Gereja Paroki Kristus raja Karawang menggelar perayaan pesta nama (26/11/2023). Pesta nama tahun ini mengambil tema “Bersama Menyongsong Sukacita Ekonomi Kreatif” yaitu tema fokus pastoral Keuskupan Bandung 2024. Dalam mensyukuri pesta nama ini berbagai kegiatan digelar yaitu pembagian  nasi bungkus dan sembako untuk masyarakat sekitar dan kegiatan pemeriksaan kesehatan, misa syukur, dan pagelaran seni.

Bakti sosial pesta nama dimulai sebelumnya (24 November 2023) dengan pembagian nasi bungkus sebanyak 400 bungkus yang dibagikan di 6 wilayah berkoordinasi dengan ketua wilaayah dan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Pada waktu yang sama dibagikan juga sembako perpaketnya seharga Rp 250.000,- kepada 11 kk warga sekitar gereja atas kerja sama dengan RT setempat.

Bagi umat paroki, baksos juga diadakan yaitu pemeriksaan penyakit kronis, tekanan darah, asam urat, kolesterol, dan kadar gula darah. Kegiatan  ini terselenggara berkat kerja sama sie kesehatan DPP dengan Rumah Sakit Lira Medika. Menurut  dr. Anton, penanggung jawab kegiatan ini, jumlah umat yang mengikuti pelaksanaan pemeriksaan gratis ini sekitar 150 orang. 

Selain pesta nama, pada minggu ini Gereja juga merayakan Hari Orang Muda Sedunia (HOMS) sehingga kedua perayaan ini berpuncak pada perayaan Ekaristi sebagai ucapan syukur  atas penyertaan dan keselamatan Tuhan bagi Gereja dan umat Paroki Kristus Raja. Dalam memperingati kedua momen ini panitia menyiapkan sebuah tumpeng besar, sebagai lambang segala karya hasil dan usaha umat.

Dalam perayaannya, umat mempersembahkan aneka hiburan dengan kreativitas sesuai dengan budaya daerah di Nusantara. Ada kesenian dari Sumatera Utara, Bali, Sunda, dan Jawa. Acara ditutup dengan ajakan seluruh umat untuk bersuka cita menari bersama  tarian daerah Timur atau Flores. ”Perayaan ini dimaksudkan untuk merefleksikan diri kita dan umat tentang sejarah perkembangan misi katolik di wilayah Kabupaten Karawang yang diawali dari Subang dan Purwakarta yang tidak lepas dari karya misionaris. Semoga kita semakin rindu berjumpa dengan Tuhan, peduli dan terlibat dalam hidup menggereja,” demikian sambutan Margani, Wakil DPPH. ***

Suharyanti Lidwina